|
|
Twitter memiliki banyak ‘amunisi’. Dan salah satu fitur unggulan microblogging ini adalah
hastag atau sering disebut tagar. Laman Mashable pada Senin (09/09/12) silam menulis beberapa tips bagaimana memaksimalkan hashtag bagi kalangan pebisnis.
Tagar memiliki kemampuan untuk menangkap tweet yang setopik. Dan dengan
menklik hastag tertentu maka pengguna bisa membaca serangkaian tweet
yang memiliki topik yang sama. Untuk pebisnis, tagar memiliki nilai
plus. Dan mereka harus mampu memaksimalkan.
1. Topik yang spesifik dan berhubungan
Contoh tagar #marketing adalah hashtag yang sering digunakan dalam
memublikasikan suatu produk atau tatkala promosi. Hashtag ini sangat
masif sebab mencakup pelbagai hal yang berkaitan dengan bisnis. Tatkala
tagar #marketing muncul, maka dipastikan akan diikuti dengan topik
seputar bisnis lainnya. Dan pebisnis bisa menganalisa hashtag yang cocok
dan tepat.
2. Selalu konsisten dan simple
Hashtag tak harus rumit, gampang diingat, dan yang paling penting adalah
selalu konsisten. Misalkan pebisnis ingin memromosikan sebuah produk di
Twitter akan layanan A. Maka gunakan tagar A untuk produk A.
Konsistenlah dan jangan mencampuradukkan hashtag. Dan jangan lupa untuk
membuat tagar yang simple, mudah dicerna dan diingat.
3. Pancing dengan kontes
Sebuah tagar akan lebih menarik bilamana disandingkan dengan sebuah
kontes. Hashtag memang menarik. Pembacanya pasti ingin menklik dan
mengetahui apa info selengkapnya yang disematkan di tagar tersebut. Jika
tagar ini disertai dengan sebuah kontes di Twitter, bisa dipastikan
penguna akan makin penasaran dan tertarik. Dan mereka tak hanya menklik
bahkan memublikasikannya kembali (retweet).
4. Kelola dengan dashboard
Untuk memudahkan mengatur pelbagai tagar yang dikelola, atau
mengorganisir kampanye hashtag yang sedang dijalankan, sangat dianjurkan
untuk menggunakan tool Twitter dalam bentuk dashboard. Pebisnis bisa
memanfaatkan TweetDeck atau HootSuite. Dua tool ini gratis dan memiliki
fitur yang maksimal dalam mengelola hashtag.
5. Ikuti #FollowFriday
Setiap hari Jumat Twitter memiliki budaya mengikuti dan diikuti dalam
bentuk saling memromosikan yang bernama Follow Friday. Sangat disarankan
pebisnis mengikuti budaya ini. Namun hendaknya pebisnis membuat sebuah
topik dan tema di setiap kampanye follow friday yang akan dilemparkan ke
linimasa. Dengan demikian mereka tak hanya memromosikan seseorang atau
brand, namun akan mendapatkan hubungan timbal balik yang sepadan.
Judul : Memaksimalkan Hashtag Twitter Bagi Pebisnis
Deskripsi : Twitter memiliki banyak ‘amunisi’. Dan salah satu fitur unggulan microblogging ini adalah hastag atau sering disebut tagar . Laman ...